Minggu, 06 November 2011

Website Impian

www.gilamodifikasi.com

1. Konsep Dasar :
Di tahun 2010 saja angka produksi mobil 702.508 unit sedangkan potensi pasar di tahun yang sama mencapai 764.710 unit Sedangkan GAKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) memperkirakan tahun 2013 akan tercapai penjualan 1juta unit. (http://otomotif.kompas.com/read/2011/06/23/09070838/2013.Penjualan.Mobil.di.Indonesia.Mencapai.Satu.Juta.Unit.).

Dari data tersebut jelas perkembangan dunia otomotif khususnya mobil di Indonesia akan terus berkembang. Makin berkembangnya dunia otomotif di Indonesia juga ditandai dengan makin menjamurnya komunitas-komunitas otomotif, tak terkecuali komunitas modifikasi mobil. Mereka yang biasanya tak puas dengan model mobil keluaran pabrik dan ingin tampil beda dengan mobilnya biasanya membentuk wadah untuk saling bertukar informasi dan pengalaman seputar modifikasi mobil.

Kalangan modifikator ini sering kali dari kalangan yang mapan dan konsumtif dalam berbelanja aksesoris-aksesoris mobil. Peluang ini lah yang dibidik oleh www.gilamodifikasi.com. Website ini menyediakan wadah bagi para modifikator ini untuk mendapatkan informasi seputar modifikasi mobil baik dari dalam maupun luar negeri.

www.gilamodifikasi.com mempunyai dua tujuan yaitu sebagai pusat informasi dan sebagai wadah komunikasi bagi pecinta modifikasi di Indonesia. Kedua tujuan tadi coba dicapai melalui konten www.gilamodifikasi.com yang interaktif, inovatif dan informatif.

Tujuan sebagai pusat informasi didapat dengan:
• Konten www.gilamodifikasi.com yang 50% berupa berita seputar perkembangan dan trend modifikasi di Dunia termasuk Indonesia.
• 30% konten www.gilamodifikasi.com berupa berita seputar perkembangan industri otomotif di Dunia terutama Indonesia.
• 10% koten www.gilamodifikasi.com berupa tips dan trik dalam memodifikasi mobil.
• 10% konten www.gilamodifikasi.com berupa profil tokoh/bengkel modifikasi di Indonesia maupun luar negeri.

Tujuan sebagai wadah komunikasi didapat dengan:
www.gilamodifikasi.com menyediakan menu forum yang bisa digunakan oleh anggota www.gilamodifikasi.com untuk berinteraksi dan bertukar pengalaman antar anggota.
www.gilamodifikasi.com juga menyediakan halaman khusus yang memuat artikel dari perusahaan otomotif, bengkel modifikasi dan praktisi modifikasi/otomotif di Indonesia.

2. Sumber Dana :
Pengelolaan website ini tentu tak lepas dari masalah pembiayaan sewa hosting, sewa domain name maupun biaya maintenace. Untuk itu www.gilamodifikasi.com juga harus bisa menarik minat para pengiklan maupun mencari sumber-sumber pembiayaan lain selain iklan.

• Pengiklan yang tertarik memasang promosi produk atau jasa mereka di website www.gilamodifikasi.com, promosi dalam www.gilamodifikasi.com berupa banner gambar yang dipasang di website dan mempunyai link/tautan langsung ke website resmi pengiklan.
• Berita-berita kombis (komunikasi bisnis) yang terdiri dari berita event sebuah perusahaan, profil perusahaan/bengkel maupun tokoh yang berhubungan dengan dunia automotive maupun modifikasi.
• Kerjasama dengan pihak ke-3 untuk event-event off air yang berhubungan dengan otomotif maupun modifikasi mobil, sebagai media partner.
• Member khusus www.gilamodifikasi.com, dimana member khusus ini didapat dari forum www.gilamodifikasi.com yang membayar keanggotaan tiap bulan. Member khusus ini mendapat hak khusus untuk bisa berjualan diforum dengan membuat sub forum baru.

3. Target Pengakses:
• Pecinta otomotif, khususnya modifikasi mobil dari golongan menengah-atas. para pecinta otomoti/modifikasi selalu mencari informasi tentang dunia otomotif, mereka juga selalu mencari referensi-referensi untuk bahan memodif mobil mereka. Atau juga mereka biasanya mencari jasa modifikator dari website.
• Pria/wanita usia 17-40 tahun:
Ada dua kategori untuk target pengakses www.gilamodifikasi.com, masing-masing mempunyai potensi yang berbeda :
a. usia 17-25 : biasanya anak-anak sekolah SMU s/d Universitas, kategori ini biasanya sangat haus akan informasi, mereka selalu mengikuti trend modifikasi atau otomotive dunia. Mereka juga aktif dalam komunitas-komunitas automotive. Juga aktif dalam kegiatan/event otomotif. Pengakses kategori ini dibutuhkan untuk menarik pengiklan karena pecinta otomotif kategori ini sangat aktif memodif mobilnya mengikuti trend, ini adalah potensi pasar bagi produsen aksesoris maupun jasa modifikasi mobil.
b. usia 26-40 : meski tak banyak, kategori ini biasanya pecinta automotive yang loyal atau rutin membelanjakan penghasilannya untuk hobby modifikasi. Kelompok umur ini juga biasanya adalah pelaku bisnis dibidang automotive sehingga merupakan pangsa pasar yg bisa dibidik.
• Komunitas-komunitas automotive, komunitas atomotif mempunyai anggota yang loyal dan aktif membuat kegiatan/event otomotif. Mereka juga membutuhkan sarana komunikasi lewat internet dengan komunitas lain untuk bertukar informasi dan pengalaman, atau mengatur sebuah event baru.
• Pelaku bisnis automotive: pengakses kategori ini lebih banyak mencari peluang pasar untuk bisnisnya maupun menjaring konsumen dari pengunjug website.

4. Strategi :
• Melakukan strategi SEO (search engine optimizer) :
1. Melakukan update rutin tiap hari untuk berita.
2. Menambah back link dengan cara share berita ke jejaring sosial, seperti : facebook, twitter, google+.
3. Optimasi gambar pada posting dengan menambahan tag “Alt” dan isi dengan deskripsi gambar yang mengandung kata kunci posting.

5. Buat backlink antar artikel yang relevan antara satu dengan yang satunya baik backlink dari artikel yang baru ke yang lama ataupun sebaliknya. Hal ini karena selain memperkuat SEO tiap artikel, hal ini juga akan meningkatkan pageview blog.
• Aktif menjadi media partner untuk event-event autootive, ini bertujuan agar website lebih cepat dikenal.
• Bekerjasama dengan komunitas-komunitas automotive melakukan kegiatan-kegiatan off air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar